Tsunami Setinggi 57 Meter Diprediksi Terjadi di Banten, Begini Tanggapan BPPT dan BNPB


Publik sempat dihebohkan dengan informasi seputar potensi tsunami setinggi 57 meter di Kabupaten Pandeglang, Banten. Prediksi tersebut disampaikan oleh peneliti tsunami pada Balai Pengkajian Dinamika Pantai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko di gedung BMKG.

Jika gempa mencapai 8,8 atau 9 magnitudo dan sumbernya terjadi di lautan dangkal, maka potensi tsunami besar akan terjadi di daerah Pandeglang. Menanggapi pernyataan ahli dari BPPT tersebut, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menghimbau masyarakat untuk tidak panik.

Hal itu pun yang ia sampaikan dalam pertemuan ilmiah untuk mencari langkah mitigasi terbaik dalam menghadapi bencana tsunami.

Sebelumnya, Peneliti tsunami dari BPPT, Widjo Kongko menyampaikan ada potensi tsunami setinggi 57 meter yang diprediksi terjadi di Pandeglang, Banten.

Dalam penelitiannya itu disebut, daya terjang dari tsunami itu bisa mencapai wilayah Jakarta Utara.

Perlu diketahui, kemunculan isu potensi tsunami di barat pulau Jawa itu awalnya bersumber dari kegiatan Seminar Ilmiah yang digelar Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam rangka peringatan Hari ke-68 Meteorologi Dunia.

Acara tersebut bertajuk ‘Sumber-sumber Gempa Bumi dan Potensi Tsunamu Di Jawa Bagian Barat’ yang dihelat di Gedung Auditorium BMKG Jakarta, pada Selasa kemarin, 3 April 2018.