Jokowi Kena Kepret Mantan Menterinya, Rizal Ramli di ILC: Negara Bubar karena Pemimpinnya Lemah!


Dr. Rizal Ramli, pakar ekonomi senior dan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman menjadi nara sumber paling memukau di ILC tvOne tadi malam.

Topik utama ILC membahas ramalan Indonesia bubar 2030, tema yang dipicu oleh Pidato Prabowo Subianto. Dr. Rizal Ramli menegaskan Negara bubar itu bukan dongeng, nyata ada negara yang bubar. Dan faktor utamanya adalah karena Pemimpinnya lemah.

Negara bubar bukan sesuatu yang tidak mungkin. Banyak contoh yang bisa dipelajari, mulai dari kehancuran Uni Soviet, Yugoslavia hingga negara-negara di kawasan Timur Tengah yang porak poranda.

Menurutnya ada tiga hal yang bisa menyebabkan negara bubar. Pertama bila isu agama terus diperdebatkan. “Tidak usah menunggu 2030, kalau isu agama terus kita gendangin terus, akhirnya pecah nih bangsa. Saya mau kita go beyond apa yang kita bicarakan saat ini dan mencari solusinya,” ujar Rizal Ramli.

Rizal Ramli mencontohkan India yang akhirnya pecah menjadi tiga, India, Pakistan dan Bangladesh. Faktor kedua adalah intervensi bangsa asing karena kekyaan alam Indonesia. “Indonesia ini kaya sekali dengan sumber daya alam. Ada negara yang berkeinginan Indonesia pecah,” sambungnya.

“Indonesia akan bisa semakin kuat semakin makmur kalau ada kepemimpinan yang kuat, demokratis dan adil.”

“Adil penting loh. Saya mohon maaf, hari ini yang ditangkepin kalau Hoax pasti yang Islam doang, yang bukan Islam gak ditangkep, ini gak bener, gak adil…”

Jokowi kena kepret mantan menterinya.

Dr. Rizal Ramli juga memaparkan kondisi ekonomi Indonesia yang membuat seisi ruangan ILC terpana.

Terus terang setelah menyimak paparan, visi, keberpihakan dan juga keberanian Rizal Ramli, beliau sangat layak untuk jadi Presiden RI.