Presiden Baru AYLF : Kita Jaga Perdamaian ASEAN!

Hasil carian imej untuk Presiden Baru AYLF : Kita Jaga Perdamaian ASEAN!

ASEAN Young Leaders Forum (AYLF) Indonesia yang merupakan organisasi kepemudaan tingkat ASEAN menggelar Musyawarah Luar Biasa pada akhir September lalu. Musyawarah Luar Biasa tersebut bertujuan untuk melakukan pergantian kepemimpinan, sehubungan Presiden AYLF Indonesia sebelumnya, Adhe Nuansa Wibisono, melanjutkan studi Doktoral di Turki. Wibisono mendapatkan beasiswa dari Turkiye Burslari Scholarship untuk melanjutkan studi di Turkish National Police Academy mengambil program Ph.D untuk jurusan Studi Keamanan Internasional.

Dipimpin oleh Syukron Muchtar selaku Steering Committee AYLF Indonesia, Musyawarah Luar Biasa tersebut menentukan Yogi Agus Salim sebagai Presiden AYLF Indonesia yang baru. Yogi saat ini juga menjabat sebagai Ketua III PP Pemuda Persatuan Umat Islam (PUI). Musyawarah ini juga menentukan Ismah Naqiyyah sebagai Sekretaris Jendral AYLF Indonesia yang baru.

“AYLF Indonesia lahir dari semangat bersama meningkatkan kerjasama antar pemuda di ASEAN. Pergantian kepemimpinan ini akan tetap membawa AYLF Indonesia terus berkarya bagi Indonesia dan dunia, khususnya dalam isu-isu keamanan, perdamaian dan kemanusiaan”, tegas demisioner Presiden AYLF Indonesia, Adhe Nuansa Wibisono.

Wibisono menjelaskan dalam perjalanan selama ini, AYLF Indonesia telah melaksanakan beberapa aksi nyata diantara dengan merespon krisis Qatar dengan mengadakan Diskusi Publik bertemakan “Krisis Qatar : Masa Depan Timur Tengah dan Transformasi Peta Politik Global”. Selain itu AYLF di level kawasan telah mengadakan konferensi membahas penangkalan isu radikalisme di kalangan pemuda yang diadakan di Malaysia pada September 2017 yang bertemakan “Youth Against Terrorism”.

Senada dengan hal tersebut, Presiden AYLF Indonesia terpilih, Yogi Agus Salim, menjelaskan kekuatan jaringan AYLF Indonesia baik dalam level nasional dan regional. “Saat ini AYLF Indonesia terdiri dari berbagai elemen kepemudaan di Indonesia diantaranya adalah KAMMI, FSLDK Indonesia, Pemuda Al-Irsyad dan Pemuda PUI. Dalam lingkup ASEAN, AYLF telah berdiri dan tersebar di berbagai negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Kamboja dan Srilanka”.

“Kedepan AYLF Indonesia akan memperluas jaringan organisasi kepemudaan di Indonesia dan ASEAN serta mengajak seluruh elemen pemuda yang ingin bergabung bersama kami untuk memberi kontribusi positif dan menjaga perdamaian Indonesia dan ASEAN”, pungkasnya.[ham]

 

Sumber: https://www.telegram.co.id/published/2017/10/09/presiden-baru-aylf-kita-jaga-perdamaian-asean/