Kebijakan Jokowi Tak Berpihak pada Rakyat Kecil Imbasnya Daya Beli Masyarakat Menurun

Bagaimana tidak, menurunnya daya beli masyarakat terhadap kebutuan pokok disebabkan oleh lambatnya pertumbuhan ekonomi adapun disebabkan oleh kenaikan tarif dasar listrik maupun tidak. Pemerintah Jokowi membawa perubahan yang berarti terhadap pertumbuan ekonomi Indonesia, Kata Don Muzuakir Ketua APPSI Aceh.

Presiden Joko Widodo menuding isu soal turunnya daya beli masyarakat sengaja diciptakan oleh lawan politik untuk menghambat elektabilitasnya di pemilu presiden 2019 mendatang.

Pernyataan Presiden Jokowi ini salah besar, menurut penilaan kami dari Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) memang daya beli Masyarakat di pasaran sangat menurun, kita bisa melihat setiap hari di pasar tradisional gimana kebanyakan pedagang mengeluh disebabkan menurunnya angka penjualan dari biasanya.

Menurut Jokowi, yang terjadi adalah peralihan pembelian dari offline ke online, hal ini menurut kami tidak berpengaruh terhadap penjualan di pasar, walaupun saat ini ada system jualan beli lewat Online, tetapi tetap saja daya beli Masyarakat menurun karna pertumbuhan ekonomi tidak stabil.

Banyak teman-teman kita yang semula menjadi pedagang pasar, karna merugi terus akhirnya mereka meralih profesi lain. Kita berharap kepada Presiden Jokowi agar lebih serius dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Rakyat bawah.

Pedagang banyak yang harus gulung tikar alias tutup, kita bias lihat perusahaan besar seperti 7Eleven juga tutup ada juga pasar modern juga tutup, Cuma yang mampu bertahan hanya pedagang pasar tradisional walaupun dagangannya tidak laku, disebabkan kebijakan ekonomi Jokowi tidak berpihak kepada Rakyat Kecil.

Pemerintah juga harus fokus terhadap program ekomoni kerakyatan, jangan terlalu fokus dengan konsep ekonomi yang tidak jelas, konsep ekonomi yang dapat menghancurkan Rakyat Indonesia, tutur Don Muzakir Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI).[ham]

Sumber: https://www.telegram.co.id/published/2017/10/06/daya-beli-masyarakat-menurun-karena-kebijakan-jokowi-tak-berpihak-pada-rakyat-kecil/